Game Bahasa Inggris Seru

A Creative Story

Game yang satu ini sepertinya biasa Anda lihat dimana guru akan membacakan sebuah cerita, kemudian siswa meneruskannya dengan imajinasi mereka. Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita tersebut, maka ia akan mendapatkan hukumannya. Dibuat secara khusus untuk melatih nalar seorang siswa dan kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Bagaimana prosedurnya? Silakan Anda simak langkah-langkah berikut ini.


Siapkan satu buah spidol sebagai alat penentu giliran siswa.
Ceritakan sebuah kisah yang populer misalnya Cinderella atau pinokio namun hanya bagian awalnya saja serta putus cerita Anda pada bagian-bagian yang diinginkan.
Serahkan satu buah spidol kepada seorang siswa dan berikan ia instruksi agar terus mengoper spidol tersebut ke temannya sembari Anda menghitung.
Pada hitungan yang kelima maka siswa diinstruksikan untuk berhenti mengoper spidol.
Siswa terakhir yang mendapatkan spidol tersebut harus melanjutkan cerita sesuai dengan imajinasinya. Cerita yang ia lanjutkan tentu saja tidak terlalu banyak, yaitu hanya satu kalimat panjang saja.
Ingat! Anda harus membebaskan siswa untuk melanjutkan cerita semau mereka dan jangan paksa untuk tetap pada alur cerita.
Setelah siswa menyelesaikan lanjutan kisah tersebut, maka teruskan menghitung dan siswa yang mendapatkan spidol pada hitungan kelima, instruksikan untuk melanjutkan cerita.
Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita, maka ia wajib dihukum untuk bernyanyi atau melakukan hal positif lainnya.

Word Mapping

Word mapping merupakan sebuah permainan dimana Anda menyebutkan sebuah kata, kemudian siswa menyebutkan kata-kata yang berhubungan. Misalnya Anda menyebutkan kata house, maka siswa mencari kata turunan yang berhubungan yaitu chair, table, dining room, bath room, dan floor. Word mapping digunakan untuk meningkatkan nalar seorang siswa dan meningkatkan pembendaharaan kosakata yang mereka miliki. Silakan simak langkah-langkahnya melalui poin berikut ini.


Siapkan kata-kata yang mampu memberikan kata turunan yang cukup banyak seperti computer, park, house, street, dan masih banyak lagi.
Bagi siswa ke dalam kelompok kecil dimana setiap kelompok beranggotakan 3 orang.
Instruksikan siswa untuk menyiapkan satu buah kertas, pena, dan tanpa menggunakan kamus.
Sebuatkan kata yang telah Anda siapkan.
Berikan waktu selama lima menit kepada setiap kelompok untuk menuliskan kata turunan yang ada sebanyak mungkin.
Kelompok yang mendapatkan kata terbanyak, maka merekalah yang menang dalam game bahasa Inggris ini.

The Truth Game

Permainan ini sangat fleksibel bagi segala usia dan level pelajar bahasa Inggris. Mulailah dengan menggambar empat kotak di papan putih. Dalam tiga kotak tuliss kata ‘True’ dan tulispada kotak keempat ‘False’ (gunakan vocab ini untuk pemula). Membagikan selembar kertas kepada setiap siswa dan meminta mereka untuk lipat menjadi empat dan menulis judul yang sama di masing-masing empat kotak mereka. Jelaskan kepada siswa bahwa mereka harus menulis tiga benar ‘fakta’ tentang diri mereka sendiri dan satu ‘fakta’ yang palsu. Mereka tidak harus menunjukkan orang lain dan ketika mereka selesai mereka akan membacakan fakta-fakta mereka dan semua orang akan memilih untuk menebak mana yang fakta palsu. Ini adalah permainan yang sangat sederhana namun dapat menjadi cara yang bagus untuk mengenal sesuatu tentang siswa anda dan dapat menjadi sangat menyenangkan tergantung pada seberapa kreatif fakta yang dibuat para siswa.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Sh4ring-inform4tion | Bloggerized by Arief Permana - Berbagi Ilmu dan Info | Indahnya Berbagi