Pengen Bisa Fasih Berbahasa Inggris?

Pada suatu ketika saya masih mengajar, teman saya dari Inggris berkata: "Orang Indonesia tidak akan mungkin dapat berbicara fasih (Pronunciation-nya) seperti kami Native Speaker, kecuali Anda mau lakukan dengan sering hal-hal yang kami anggap luar biasa. Sebab Orang Indonesia dan orang Asia pada umumnya memiliki lidah terbaik di dunia. Kalian dapat mengucapkan semua alfabet di dunia dengan baik dan benar." 

Cara yang beliau anggap luar biasa tadi sebenarnya sangat sederhana. Dan berikut ini adalah cara yang dimaksud: 
  • Latihlah berbicara di depan cermin. Anda akan dapat berlatih untuk mengucapkan kata demi kata dengan baik. Anda juga akan belajar apakah kata yang Anda ucapkan itu sudah sesuai dengan pengucapan Bahasa Inggris yang benar atau tidak. 
  • Rekamlah ketika Anda berbicara. Dengarkan. Ulangi rekam dengan mengucapkan kata-kata atau kalimat yang sama. Semakin sering Anda melakukannya, maka semakin baik pula pengucapan Anda. 
Kedua hal tersebut tidaklah susah untuk Anda orang Indonesia, sebab Anda memiliki lidah terbaik di dunia. Anda mampu mengucapkan semua alfabet dengan baik. Dan Anda dapat mengucapkan seluruh bahasa di dunia ini dengan baik pula.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Sh4ring-inform4tion | Bloggerized by Arief Permana - Berbagi Ilmu dan Info | Indahnya Berbagi